Macam-Macam Ilmu Dalam Bidang Peternakan

Ketika baru lulus dari bangku SMA atau SMK, biasanya seseorang akan disibukkan dalam memilih jurusan kuliah. Adapun hal terpenting yang harus diketahui dalam memilih jurusan adalah kesesuaian antara anda dengan jurusan yang nantinya dipilih. Tentunya setiap universitas memiliki jurusan dengan akreditasinya masing-masing seperti contohnya jurusan Togel 888 Online.

Adapun salah satu jurusan yang kini mulai banyak peminat adalah jurusan peternakan. Jika dahulu peternakan dianggap sebagai jurusan yang sepele, kini banyak orang mulai sadar. Bahwa peternakan bukanlah sebatas member makan dan minum pada hewan. Melainkan juga perlu mengenal bidang ilmu peternakan yang sangat bermanfaat. Lalu mengapa harus memilih jurusan peternakan.

Alasan memilih jurusan peternakan

Jurusan peternakan mempelajari segala ilmu

Jika anda memilih jurusan peternkan sebagai pilihan masa depan, maka hal tersebut tidak akan pernah sia-sia. Ketika berada di jurusan peternakan, anda tidak hanya belajar ilmu-ilmu tentang peternakan saja. Melainkan juga banyak ilmu-ilmu lain seperti ilmu ekonomi, manajemen, bahasa inggris, kesehatan hewan, manajemen obat-obatan, tumbuhan dan pertanian, pengolahan makanan dan masih banyak lagi. Berbekal dari semua ilmu pengetahuan tersebut, anda akan menjadi orang yang serba tahu.

Menjadi pribadi yang mandiri

Berbagai ilmu yang dapat diperoleh di jurusan peternakan juga dapat membuat anda menjadi pribadi yang lebih mandiri. Sebab, lewat ilmu pengolahan panganan hewani anda dapatmemanfaatkannya unruk menambah uang tabungan. Contohnya saja anda mengolah susu menjadi masker kefir atau yoghurt yang bisa dijual. Selain itu, rutinitas rutinitas yang membutuhkan kedisiplinan setiap harinya seperti ibadah dan piket akan membuatmu lebih mandiri lagi.

Bisa mengatasi darurat pangan

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini Indonesia darurat pangan hewani. Terlebih lagi harga kebutuhan yang tidak terkontrol menjelang hari raya. Hal ini disebabkan oleh rantai tataniaga peternakan yang panjang dan jumlah stok ternak yang sedikit.

Sehingga kebutuhan menjadi susah dicari dan harga semakin melambung dan menyebabkan masyrakat kesulitan memenuhi protein hewani. Sedangkan anda tahu jika protein hewani memiliki manfaat tinggi dalam mencerdaskan otak manusia. Oleh karena itu jika memilih jurusan dengan mengenal bidang ilmu peternakan, anda akan dicetak menjadi pengusaha atau pembuat kebijakan yang berkaitan dengan peternakan.

Belajar menjadi pengusaha

Karena terjadi darurat pangan hewani, maka akan membuat anda berfikir bagaimana cara menjadi produsen ternak. Sehingga hal ini akan menumbuhkan jiwa-jiwa pengusaha, dan menghilangkan anggapan jika lulusan peternakan tidak hanya bisa menjadi pegawai. Tidak ada batasan setelah lulus nanti anda ingin menekuni profesi apa. Pengusaha, pegawai, dossen atau lainnya dan bahkan anda bisa menajalankan hal-hal tersebut secara bersamaan.

Cinta lingkungan dan makhluk hidup

Ketika belajar di jurusan peternakan, anda ddituntut harus mencintai seluruh hewan ternak. Termasuk memahami psikis dan juga kebutuhannya. Hal-hal kecil seperti ini akan berdampak pada lingkungan sekitar, anda tidak hanya mencintai hewan-hewan saja tetapi semua juga semua makhluk hidup yang ada.

4 bidang ilmu peternakan

Peternakan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memelihara dan mengembangkan hewan ternak untuk dimanfaatkan hasil ternaknya. Namun beternak tidak hanya sekedar asal-asalan memberi pakan dan minum saja. Melainkan juga harus disertai dengan perawatan yang tepat agar hasilnya menguntungkan.

Seorang peternak harus memiliki ilmu pengetahuan tentang dunia peternakan yang luas untuk memulai usaha ternak. Nah sebagai peternak anda perlu mengenal bidang ilmu peternakan yang ada.

4 diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ilmu formulasi dan nutrisi pakan

Pakan adalah tantangan terbesar yang dihadapi dalam usaha peternakan. setidaknya hampir 70 sampai 80% biaya modal yang dikeluarkan oleh peternak adalah digunakan untuk membeli pakan ternak. Pada bidang ilmu formulasi dan nutrisi pakan ternak berguna untuk memastikan. Jika bahan pakan bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan pakan bergizi untuk ternak. Ilmu ini menjadi penting terutama bagi peternak untuk memformulasikan pakan yang akan diberikan. Dengan formula yang tepat maka jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan pakan menjadi berkurang.

2. Ilmu produksi dan pemulihan ternak

Selain bidang pembibitan dan penggemukan, Ilmu produksi dan pemulihan ternak
juga mencakup ilmu bagaimanacara mendapatkan bibit tenak dengan mutu yang tinggi. Dengan pemanfaatan teknologi, masa pemeliharaan yang singkat dan hasil ternak yang berkualitas akan memudahkan pekerja ternak. Termasuk pemanfaatan inseminasi buatan seperti teknologi kawin suntik.

3. Ilmu teknologi dan hasil peternakan

Salah satau kelemahan dari peternak yang tidak dapat dipungkiri adalah rendahnya pengolahan hasil ternakterlebih pada produk-produk yang dihasilkan. Seorang peternak yang mengenal bidang ilmu peternakan harus mampu mengolah hasil ternaknya dengan semaksimal mungkin untuk mencegah kerugian. Selain menjualnya secara langsung, anda juga dapat menggunakan teknologi penyimpanan dalam bentuk beku untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada hasil panen yang berlebih.

4. Ilmu sosial dan ekonomi peternakan

Selain membberikan perawatan terbaik untuk ternak, para peternak juga dituntut untuk menguasai sosial ekonomi saat berdagang. Namun hal ini masih sering menjadi problem karena sebagian besar pasar dikuasai oleh para tengkulak. Hal inilah yang perlu dipahami oleh para peternak, karena keuntungan terbesar dari peternakan adalah sektor perdagangan.