SPI: Ganjar dan Sandiaga Paling Tinggi

Ssiem2018 – Hasil survei yang dilakukan oleh Spektrum Politika Institute [SPI], memperlihatkan bahwa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih jadi calon presiden paling kuat sampai sekarang ini. Kemudian, Sandiaga Uno mempunyai elektabilitas tertiggi dalam hal calon wakil presiden. Ganjar dan Anies adalah sosok calon presiden dan wakil presiden dengan presentase tertinggi.

Berdasarkan beberapa simulasi yang telah dilakukan oleh Spektrum Politika Institute terlihat jika elektabilitas Ganjar Pranowo selalu ada diatas Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto serta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pada simulasi pertama yang meminta kepada responden untuk memikirkan jawaban dengan spontan, elektabilitas Ganjar ada di angka 16,9%. Dia sukses mengalahkan elektabilitas Prabowo yang ada di angka 16,4% serta Presiden Joko Widodo ada di 13,8%.

Selanjutnya, pada simulasi 27 nama. Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas sebanyak 21,9%. Dia sanggup mengalahkan Prabowo yang mendapat 20,6% dan Anies yang mendapatkan 13,8%.

Terakhir, pada simulasi 10 nama, Ganjar berhasil mendapatkan elektabilitas senilai 23,8% dan mengalahkan Prabowo yang hanya mendapat 23,2% dan Anies yang mengumpulkan 14,4%.

“Dengan berbagai simulasi yang sudah dilakukan, Ganjar Pranowo jadi bakal calon presiden paling kuat ketimbang dengan calon lainnya. Sementara itu, persaingan dengan simulasi sejumlah nama masih diikuti olrh Anies Baswedan dan Prabowo Subianto,” demikian isi kesimpulan survei dari Spektrum Politika Intitute [SIP] yang diperoleh CNNIndonesia.com, Kamis 19 Agustus 2021.

Dari survei ini, SIP juga berkesimpulan kalau Ganjar dinilai oleh beberapa masyarakat menjadi sosok yang mampu mewakili asa mereka yang memiliki kerja nyata, berpengalaman, dan mengayomi.

Begitu juga dengan latar belakang Ganjar yang saat ini bekerja menjadi kepala daerah. SIP menilai jika banyak masyarakat yang menilai bahwa kepala daerah ialah latar belakang yang pas untuk menjadi presiden Indonesia untuk kedepannya.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Sandiaga Uno, jadi sosok yang memiliki elektabilitas paling tinggi pada bursa calon wakil presiden [cawapres] dengan suara sebesar 19,1%. Dia sanggup slot online mengalahkan Anies yang memperoleh 11,7% dan Gubernur Jawa Barat yang mendapat 7,9%.

Sebagai tambahan informasi, survei yang dilakukan Spektrum Politika Institute dilakukan pada tanggal 5 sampai 17 Juli 2021 yang melibatkan sebanyak 1.240 sample yang tersebar pada 34 provinsi. Sistem yang dipakai di survei ini adalah wawancara secara langsung bersama margin of error senilai 2,9% di tingkat kepercayaan 95%.

Sedangkan pada tanggal 3 Agustus 2021 lalu, Lembaga Indostrategic juga sudah merilis survei elektabilitas untuk calon presiden mendatang.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 23 Maret hingga 1 Juni 2021 dengan responden sebanyak 2.400 dan tersebar 34 provinsi. Survei itu dilakukan dengan metode multi-stage random. Nah, survei satu ini dilakukan dengan tatap muka yang mengedepankan protokol kesehatan.

Dari survei ini, posisi paling tinggi diduduki Prabowo Subianto dengan 17,5%, kemudian Anies Baswedan sebesar 17,0%, dan Ganjar sebesar 8,1%.

Ganjar dan Sandiaga Favorit Capres-Cawapres RI

Nama Ganjar dan Sandiaga memang menghiasi bursa Pilpres 2024, setidaknya pada survei dalam 4 bulan terakhir, Contohnya survei Litbang Kompas [13 – 26 April] yang melibatkan sebanyak 1.200 responden.

Survei tersebut menyebutkan bahwa Ganjar ada di posisi ke-4 dengan elektabilitas 7%. Dibawahnya, ada sosok Sandiaga Uno dengan elektabilitas 4%.

Untuk sekarang ini, Ganjar dan Sandiaga masih menjadi pejabat publik. Ganjar berstatus Gubernur Jawa Tengah, sementara itu Sandiaga Uno berstatus sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi KReatif [Menparekraf].