Maverick Vinales Di Pecat Masih Tetap Baik Baik Saja

Ssiem2018 – Sepertinya Maverick Vinales tidak terlalu ambill pusing pasca dipecat tim Onster Energy Yamaha. Pembalap kelahiran Spanyol tersebut dipastikan tidak akan lagi menunggangi motor milik garpu talau mulai seri pekan depan.

Pemecatan Rider satu ini telah dikonfirmasi secara langsung oleh Lin Jarvis [Bos Yamaha]. Namun, beberapa jam pasca pengumuman itu, Vinales justru memposting foto di akun Instagramnya.

Dalam foto itu, terlihat Vinales sedang menikmati waktunya di tepi kolam renang. Pada caption fotonya, dia mengisyaratkan jika dirinya masih baik-baik saja pascapemecatan yang diberikan oleh Yamaha.

Sampai berita ini dimuat, foto itu mendapatkan like lebih dari 50 ribu dari fans Vinales. Termasuk juga rekan-rekannya di turnamen balap motor.

Salah satunya ialah rider asal Aprilia Gresini, Aleix Espargaro yang memberi semangat terhadap Vinales. Dia berharap bahwa mantan pembalap Suzuki Ecstar tersebut dapat kembali ke dalam sirkuit secepatnya.

“U Will be back stronger!,” demikian pesan yang ditulis Aleix Espargaro kepada Vinales.

Keretakan hubungan antara Vinales dengan Yamaha memang sudah dimulai semenjak pertengahan musim 2021. Situasi yang kurang nyaman membuat Vinales memutuskan mengakhiri kerjasamanya setelah pagelaran MotoGP 2021.

Tapi, suatu insiden yang muncul setelah balap seri ke-10 Austria membuat suasananya bertambah buruk. Pihak Yamaha menuding bahwa Vinales membuat tindakan ilegal terhadap motornya ketika menggeber di MotoGP Styria 2021.

Hasilnya, Yamaha YZR-M1 Vinales bermasalah dan membuat rekan setim Fabio Quartararo tersebut tidak dapat meneruskan balapan. Kemudian, Yamaha memberi respons keras dengan memberi sanksi larangan membalap kepada Vinales di seri balapp selanjutnya.

Yamaha menilai bahwa tindakan yang dilakukan oleh Vinales itu bisa fatal dan bisa membuat kerusakan sangat parahh pada motor Yamaha. Tidak hanya itu saja, resiko Agen Slot yang lebih besar mungkin akan berdampak pada rider lain kalau sesuatu terjadi di dalam lintasan balap.

Sebenarnya, Vinales sendiri sudah minta maaf karena perbuatannya itu. Namun sepertinya Yamaha terlanjur kecewa sampai akhirnya memilih mengakhiri kerjasama lebih awal dengan pembalap kelahiran Spanyol itu.

Carl Crutchlow Gantikan Maverick Vinales di Yamaha Monster Energy

Di sisi lain, Yamaha menunjuk sosok Car Crutchlow untuk menggantikan Vinales di MotoGP Inggris musim ini. Pembalap 35 tahun tersebut akan kembali menggeber motor pabrikan selepas 7 tahun lamanya.

Berita ini diumumkan Yamaha, Jumat 20 Agustus 2021, beberapa jam pasca kabar perpisahan mereka dengan Vinales. Crutchlow sebelumnya berstatus test rider Yamaha pada musim 2021, pemilihan Crutchlow ini sudah dapat diprediksi.

“Previlese untuk jadi bagian Yamaha. Seharusnya saya hanya melakukan tiga race buat Petronas Yamaha SRT, tapi rencananya sudah berubah. Saya berterima kasih pada mereka, dan tidak sabar membalap untuk tim pabrikan Yamaha,” ungkap Crutchlow seperti dilansir situs resmi Yamaha.

Sebelumnya, Crutchlow hanya dipersiapkan menjadi pengganti Franco Morbidelli karena cedera lutut. Dia diprediksi bakal tampil dalam 3 seri bareng Petronas Yamaha SRT serta sudah menyelesaikan 2 seri [GP Austria dan GP Styria].

Tapi, situasi konflik Maverick Vinales dan Yamaha semakin memanas dalam 2 pekan terakhir, sampai akhirnya membuat kedua kubu memilih berpisah lebih awal. Setelah hanya memainkan Quartararo di GP Austria pekan kemarin, Yamaha langsung bergerak cepat memilih Crutchlow.

Ini jadi kedua kalinya untuk Crutchlow menunggangi motor pabrikan. Selama berada di MotoGP dalam kurun 2011 hingga 2020, hanya satu musim dia bersama tim pabrikan, yaitu Ducati pada tahun 2014. Sisanya, dia selalu membela tim kedua, seperti Yamaha Tech 3 serta LCR, meskipun bersama LCR, statusnya ialah rider Honda.