Maverick Vinales Kaget Sanggup Kuasai Motor Aprilia

Ssiem2018 – Awalnya Maverick Vinales sempat khawatir kalau dirinya akan kesulitan saat menguasai motor RS-GP dari Aprilia Gresini. Tapi, saat melakukan tes di Sirkuit Misano, Vinales malah kaget ternyata motor barunya ini sangat mudah dikuasai.

 Vinales juga mengaku kalau dengan cepatnya beradaptasi menunggangi kuda besi milik pabrikan Italia itu akan membuat semuanya lebih baik. Apalagi, saat dipanggil melakukan tes pada tanggal 31 Agustus 2021 lalu, Vinales pernah merasa ragu dengan kemampuannya untuk mengendalikan RS-GP.

Karena, pembalap asal Spanyol itu mengetahui kalau motor Yamaha yang sering dia kendarai di ajang MotoGP pada beberapa musim ini begitu berbeda dengan apa yang dimiliki oleh Aprilia. Akan tetapi, nayatanya motor Aprilia tidak terlalu sulit untik dikendarai Vinales.

Karena mampu cepat beradaptasi dengan Aprilia, Vinales mengakui bahwa dia lumayan puas dengan tes pertamanya saat menunggangi RS-GP ketika di Sirkuit Misano. Dia melihat catatan waktunya tidak terlalu beda jauh dengan Ducati yang tentu saja sudah matang.

Selain bisa cepat menguasai motor Aprilia, Vinales melihat jika motor RS-GP mempunyai keunggulan, yakni mudah sekali saat diatur. Tentunya motor seperti ini bagus sekali untuk menghadapi banyak race.

Secara garis besar, rider berusia 26 tahun tersebut puas dengan performa yang ditunjukkan oleh Aprilia. Ketakutannya diawal mengenai akan kesulitan mengedarai RS-GP nyatanya hanya kekhawatiran semata dan tidak betul-betul terjadi.

“Saat aku datang, aku mendapat tekanan yang sangat besar dan aku selalu merasa cemas. Hal ini muncul karena aku sudah sangat lama menggeber motor yang berbeda Judi Online dengan Aprilia. Maka dari itu, aku betul-betul buta [tentang motor Aprilia],” ungkap Vinales, seperti dikutip MotorSport, Jumat 3 September 2021.

“Tapi, aku justru terkejut. Pasalnya saya bisa dengan mudah beradaptasi dengan motor Aprilis. Ternyata sangat mudah. Motor ini dasarnya betu-betul gampang diatur, yang dimana hal ini bagus sekali untuk menghadapi race yang panjang,” imbuhnya.

“Hari ini aku sanggup mencatatkan waktu lap 1 menit 32,3 detik, yang tentu saja bukan hasil buruk. Ketika uji coba memang sulit agar bisa lebih cepat, tapi setidaknya catatan waktu ini tidak terlalu jauh jika dibandingan dengan lap Ducati,” tandasnya.

Maverick Vinales Langsung Sentil Yamaha

Vinales sudah mencoba bagaimana rasanya saat menunggangi RS-GP di sesi uji coba di Sirkuit Misano. Pembalap Spanyol itu tampil baguk dengan mancatatkan waktu 1 menit 32,3 detik. Catatan waktu itu hanya lebih lambat 0,1 detik dibelakang catatan rekan satu timnya, Aleix Espargaro.

Meskipun baru mencoba RS-GP dalam 2 hari uji coba, Vinales merasa bahagia dapat mencoba motor tersebut. Rider berjuluk Top Gun ini lalu mengungkit kesulitan yang dia alami selama membela Yamaha.

“Mungkin ini adalah momen yang sangat membahagiahan untukku dengan motor seperti Aprilia. Ini karena selepas 5tahun mengalami naik turun serta kurang memahami banyak hal, akhirnya kamu bertanya ‘apa yang terjadi?” ujar Vinales.

“tapi, saat aku mengendarai motor Aprilia. Aku tahu potensiku dan apa yang dapat aku lakukan dengan motor ini,” imbunya.

Maverick Vinales dipastikan bakal melakukan debutnya lebih awal bareng Aprilia. Dia bakal menggantikan Lorenzo Savadori di sisa musim 2021, yang dimulai dari seri Aragion 2021 di Sirkuit Ciudad del Motor de Aragaon pada 10 hingga 12 September.

Vinales masih ada di urutan ke-7 klasemen sementara MotoGP 2021 dengan catatan 95 poin meski dia absen dari 2 seri terakhir.