Sirkuit Mandalika Fokus MotoGP dan Superbike

Ssiem2018 – Sekarang ini, Sirkuit Mandalika masih bakal fokus keajang MotoGP dan World Superbika. Tak menutup kemungkinan juga kalau F1 jadi yang selanjutnya. Hal tersebut diungkapkan Ricky Baheramsjah yang menjadu CEO Mandalika Grand Prix Association saat wawancara secara virtual akhir-akhir ini.mengenai rumor kalau sirkuit yang terletak di Lombok ini mengincar GP F1.

“Sekarang ini hal tersebut sedang menjadi topik yang sangat ramai dan saya dapat memahaminya,” ujar Ricky ketika diwawancarai Crash.net tentang potensi menghelat F1 di Mandalika Sirkuit.

“Sirkuit ini harus dihomologasi dengan standar FIA atau FIM. FIM buat World Superbika dan MotoGP, dan selanjutnya FIA buat balap mobil seperti F1. Jadi kalau ingin mengadakan Formula One, kami pada dasarnya harus melakukan homologasi sesuai dengan standar FIA,” imbuhnya.

“Dari pandangan kami, kami memang sangat percaya diri bahwa sirkuit ini dapat memenuhi berbagai persyaratan, namun memang perlu proses. Sampai akhirnya, kalau ingin mengadakan gelaran F1 diperlukan dukungan dari pemerintah seperti di MotoGP. Sementara itu, disaat yang bersamaan harus didiskusikan dengan pihak otoritas F1.”

Ricky menambahkan jika pada 2018 dan juga 2019 dia telah bertemu dengan beberapa elite F1 untuk memberi gambaran awal projek di Mandalika Sirkuit. Meski antusias dengan kelanjutan pembicaraan tersebut, sekarang ini fokus Mandalika Sirkuit ada di balap roda 2.

“Sampai sekarang ini, terakhir kali kami membahas dengan pihak F1 ialah pada 2018 dan juga 2019 agar bisa mempresentasikan projek kepada mereka. Kami terbuka untuk pembicaraan lanjutan, kami juga terbuka dengan peluang membawa F1 sampai ke Indonesia.”

“Tetapi tujuan kami bersama MGPA sekarang ini ialah fokus sepenuhnya ke MotoGP dan World Superbike. Itu saja prioritas kami saat ini,” tandasnya.

Pengaspalan 100%, Sirkuit Mandalika Selesai Akhir September 2021

Mandalika Grand Prix Association [MGPA] yang menjadi anak Judi Online perusahaan ITDC, memberikan laporan terbaru tentang progres pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok.

Direktur Konstruksi serta Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo, berkata kalau proses pengaspalan di lintasan Mandalika dengan panjang 4.310 km ini sudah 100%.

“Sampai sekarang ini, proses keseluruhan lintasan sudah menembus 96,5%. Maka dari itu pengaspalan track utama sudah berakhir di sini. Dan kita juga telah menyambungkan antar track utama,” ungkap Dwianto saat Konferensi Pers secara Virtual mengenai perkembangan lintasan Mandalika, Rabu 1 September 2021.

Menurut Dwianto, perkembangan di lapangan sekarang ini sudah masuk dalam tahap finalisasi. Meski begitu, ada sejumlah pengerjaan lainnya yang belum berakhir seperti halnya pemasangan pagar inner dan outer lintasan, pengerjaan run off dan service road, dan medical center serta race control.

Ia menargetkan projek ini selesai konstruksinya pada akhir September 2021.

“Tinggal sedikit yang dapat kita selesaikan, semoga saja pada 30 September 2021 mendatang itu menjadi target kami. Agar bisa menyelesaikan seluruhnya termasuk dengan pagar inner dan outer.”

Sebagai tambahan informasi saja, Sirkuit Mandalika dibangun pada bulan Januari 2020 dengan prakiraan biaya konstruksi senilai Rp 3,5 triliun. Uang pembangunan sirkuit didapatkan dari pinjaman ‘Asia Infrastructure Investment Bank’ [AIIB] dengan cara bertahap yang berjalan sampai 2023 nanti.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo berharap dengan dibangunnya lintasan Mandalika ini jadi suatu titik awal pertumbuhan ekonomi terbaru yang dari segi agregat dapat memberi dukungan terhadap ekonomi nasional beserta NTB.

“Tentunya kita berharap akan jadi titik awal perkembangan ekonomi baru untuk Indonesia, khususnya NTB,” ungkap Jokowi ketika meninjau perkembangan lintasan Mandalika.