Max Verstappen Kudeta Posisi Lewis Hamilton GP Belanda

Ssiem2018Max Verstappen akhirnya kembali ke pucuk klasemen F1 musim 2021 pasca berhasil mengalahkan saingan utamanya, Lewis Hamilton, untuk mengklaim kemenangan pada F1 GP Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu 5 September 2021, malam WIB.

Verstappen serta Hamilton mengawali seri balap ke-13 ini pada baris terdepan selepas si pembalap Red Bull tersebut mengklaim pole position. Untungnya, kedua rider tidak mengulang insiden yang terjadi di Sirkuit Silverstone, Inggris, yang dimana mereka terlibat senggolan saat saling berebut posisi ketika lap pertama.

Verstappen dominan melakukan balapan selama 72 lap tanpa tersalip oleh lawannya, terkecuali saat pitstop, sampai melintasi finish line 20.9 detik didepan Hamilton. Tak pelak, kemenangan itu langsung disambut antusias oleh para ‘Orange Army’ yang diketahui memenuhi Sirkuit Zandvoort, yang kembali jadi tuan rumah balap selepas 36 tahun absen.

Sedangkan Hamilton, tidak bisa menandingi kecepatan Verstappen, membawa 1 poin tambahan di lap tercepat karena mengganti ban soft pada penghujung lomba, Valterri Bottas melengkapi podium bagi Mercedes di posisi ke-3.

Verstappen jadi satu-satunya rider Belanda yang berhasil memenangi balap di tanah kelahirannya. Dengan tambahan 25 poin ini, dia merubah jarak 3 poin di papan klasemen jadi keunggulan 3 poin di puncak klasemen sekaligus mengkudeta Hamilton ke posisi 2.

“Seperti yang bisa kalian dengar, ini sangat luar biasa. Ekspetasinya sangat tinggi saat ke akhir pekan. Saya senang sekali bisa memenangkannya disini. Ini adalah hari yang sungguh hebat, semua penonton luar biasa,” ungkap Verstappen dilansir Crash.

Rencana Mercedes untuk Gulingkan Max Verstappen Gagal

Di awal race, Mercedes memanggil Lewis Hamilton untuk melakukan pitstop lebih awal, kemudian Red Bull meresponnya pada beberapa lap selanjutnya dengan melakukan pirstop lebih cepat sehingga Max kembali lagi ke lintasan dan terus berada didepan Hamilton.

Verstappen sendiri tertahan dibelakang Bottas, tapi tidak menunggu waktu yang lama untuk pembalap Red Bull itu kembali memimpin balap selepas Valtteri Bottas masuk ke pitstop untuk berganti roda pada lap 32.

Mobil Red Bull dengan nomor 33 mampu menjaga jarak kurang lebih 3 detik dari pesaing terdekatnya, tapi pada 20 lap terakhir, Hamilton mencepat lap Agen Slot tercepat beberapa kali dengan upaya memangkas jarak tersebut.

Tapi, Hamilton tidak mampu menembus jarak serang kepada Verstappen dan dalam 2 lap terakhir Mercedes kembali menariknya ke pitstop untuk mendapatkan poin tambahan melalui fastes lap menggunakan ban soft baru.

Sementara itu, Hamilton memuji performa yang ditunjukkan oleh Max Verstappen dan juga seluruh fans di Sirkuit Zandvoort.

“Max berhasil melakukan tugas yang sungguh hebat hari ini. Selamat untuknya. Aku mengerahkan semua yang aku punya, tapi mereka [Red Bull] lebih cepat daripada kami,” ujar Hamilton.

Di sisi lain, Piere Gasly tidak berubah posisinya semenjak start lalu finish di urutan ke-4 untuk tim Alpha Tauri. Kemudian, duet Ferrari Charles Lecrec serta Carlos Sainz finish di posisi 5 dan 7, mereka dipisahkan Fernando Alonso yang berhasil mencuri 1 posisi dari pembalap Spanyol untuk mengklaim posisi 6 untuk Alpine.

Sergio Perez dan Nicolas Latifi mengawali balap dari pit selepas mengganti komponen mesinnya. Perez mampu bangkir dari posisi paling belakang lalu finish di urutan ke-8. Sedangkan Esteban Ocon serta Lando Norris melengkapi urutan 10 besar untuk tim Alpine serta McLaren.

Seri F1 akan berlanjut ke Italia, tepatnya di Sirkuit Monza.