Serba Serbi PON Papua 2021 yang Perlu Kamu Tahu

Ssiem2018 – Setelah sempat tertunda, Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 ini akhirnya resmi dibuka pada Sabtu, 2 Oktober 2021 lalu. Ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia ini pun akan dihelat hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Lantas, apa saja sih serba serbi yang ada di PON Papua 2021 ini?

PON Papua 2021

Acara PON XX Papua 2021 ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, dan acara ini pun berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. Kemeriahan pembukaan acara PON XX Papua 2021 ini sukses membuat banyak pihak terkagum. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang mendukung para atlet yang hendak bertanding.

Berikut ini ada beberapa serba serbi dari perhelatan PON XX Papua 2021 yang tengah menjadi sorotan masyarakat hingga saat ini.

1.      Waktu Perhelatan dan Jumlah Cabang Olahraga yang Dipertandingkan

PON XX Papua 2021 secara resmi berlansung sejak 2 hingga 15 Oktober 2021. Namun, sayangnya sejumlah cabang sudah dipertandingkan sejak 22 September 2021 lalu.

Pesta olahraga ini diikuti oleh 34 kontingen yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah atlte tamunya adalah sebanyak 6.116 orang dan untuk Judi Slot atlet tuan rumahnya hanya mencapai 923 orang yang berasal dari Provinsi Papua sendiri.

Terdapat 37 cabang olahraga yang yang dipertandingkan dalam PON XX Papua 2021. Keseluruhan pertandingan ini terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan. Para atlet ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu.

2.      Arti Slogan “Torang Bisa” Pada PON XX Papua 2021

Torang bisa merupakan sebuah slogan dari PON XX Papua 2021. Arti dari torang bisa secara harfiah adalah kita bisa. Kata torang sendiri merupakan akromin dari kita orang, dan kata bisa merupakan torehan warna merah yang merupakan simbol dari kekuatan, keberanian, energi, dan pencapaian sukses.

Frasa dari kata torang bisa merupakan kata-kata khas Papua yang diucapkan sebagai bentuk pemberian semangat juang. Frasa torang ini kemudian digunakan oleh Panitia Besar PON XX Papua 2021 ini sebagai slogan yang mengibarkan semangat juang dari para atletnya.

3.      Veneu PON XX Papua 2021 di Istora Papua Bangkit

Salah satu venue yang digunakan dalam acara PON XX Papua 2021 ini adalah Istora Papua Bangkit, yang mana dibangun oleh PT. PP (Persero) Tbk. Istora Papua Bangkit ini ternyata sudah memperoleh tiga rekor MURI atas keberhasilannya dalam menerapkan beberapa inovasi dalam pembangunan.

Pembangunan Istora Papua Bangkit ini dimulai pada bulan November 2018 menelan biaya sebesar 257,5 milyar rupiah. Kawasan dari Istora Papua Bangkit ini sudah dilengkapi dengan area plaza kawasan termasuk dengan kawasan parkir kendaraan di dalam dan di luar area Istora.

Untuk konstruksinya sendiri menggunakan rangka atap pipa baja yang berbentuk dome dan memiliki bentangan kuran lebih adalah 85 meter.

4.      Biaya Penyelenggaraan

Penyelenggaraan PON XX Papua 2021 seolah menjadi gambaran atas kemajuan yang telah dialami oleh Papua. Penyelenggaraan ini menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggaran acara besar.

Dana untuk persiapan dan penyelenggaraan PON XX Papua ini disalurkan melalui APBD dengan Dana Tambahan Infrastruktur (DTI), Dana Otonomi Khusus, Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Aokasi Khusus Fisik dan Belanja Kementerian dan Lembaga.

Inilah beberapa serba serbi dari acara PON Papua 2021 yang perlu kamu ketahui. Semoga semua acara PON XX Papua 2021 ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada suatu kendala apapun.