Perkembangan Ekonomi Indonesia Pada Saat Pandemik

Ssiem2018 – Pandemi virus saat ini menjadi perhatian yang semakin menarik di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di negara seribu pulau ini, Indonesia. Perkembangan pandemi Indonesia sendiri pun banyak diamati oleh kalangan elit hingga masyarakat menengah ke bawah. Ada 3 sektor penting yang perlu kamu ketahui perkembangannya selama pandemi ini.

Perkembangan Pandemi Indonesia dalam Sektor Ekonomi, Pendidikan serta Pariwisata

  1. Ekonomi

Hal pertama yang banyak menyita perbincangan publik adalah sektor ekonomi, hal ini terjadi karena sektor ekonomi menjadi pondasi utama bagi kesejahteraan suatu negara. Pada masa-masa pendemi saat ini, perekonomian Indonesia cukup menyedihkan. Oleh karena itu, muncul berbagai permasalahan baru yang ada sangkut-pautnya dengan sektor ekonomi.

Pemerintah sebagai kemudi utama dari sektor ini harus memiliki inovasi baru agar perekonomian Indonesia tetap bergerak. Tidak hanya pemerintah saja yang berkewajiban mempertahankan sektor ini, namun dari segi masyarakatnya juga. Selain inovasi kreatif yang diperlukan, inovasi Judi Online baru yang dapat membaur dengan keadaan saat ini juga menjadi hal yang penting.

Meninggalkan kepedihan perekonomian saat ini, ada kabar baik dari sektor tersebut yang muncul baru-baru ini. Dikatakan bahwa ekonomi Indonesia akhir-akhir ini sudah mengalami sedikit kenaikan dengan rata-rata indeks sekitar 7%. Hal ini dapat dijadikan sebagai semangat baru bagi masyarkat maupun pemerintah untuk terus mempertahankan roda perekonomian Indonesia.

  • Pendidikan

Sektor pendidikan tidak lepas dari perkembangan pandemi Indonesia saat ini, karena terjadi perubahan yang sangat besar dalam proses menjalankannya. Jika sebelumnya pembelajaran para siswa dilakukan secara langsung oleh para guru, sejak munculnya pandemi ini proses pembelajaran Indonesia menggunakan sistem daring sebagai solusinya.

Sistem tersebut terbilang baru bagi pelajar serta pengajar di Indonesia, karena selama ini tatap muka menjadi suatu kewajiban dalam proses pembelajaran negara ini. Penggunaan sistem daring ini awalnya kurang disambut baik oleh beberapa pelajar maupun pengajar, karena alasan finansial bahkan karena tidak pahamnya perkembangan teknologi.

Namun seiring berjalannya waktu, para pelajar dan para pengajar ini merasa nyaman dan aman saat menggunakan sistem daring dalam proses pembelajarannya. Karena dalam beberapa kasus, pembelajaran tatap muka menjadi salah satu klaster baru dalam penularan virus yang menyebabkan pandemi ini.

  • Pariwisata

Selain sektor ekonomi dan pendidikan yang menarik perhatian banyak masyarakat, sektor pariwisata juga menarik untuk dibahas karena memiliki kontribusi yang cukup besar. Sektor pariwisata sendiri memberikan kontribusi sebanyak 40% untuk ekonomi Indonesia, oleh karena itu hal tersebut sama pentingnya dengan perekonomian.

Dengan adanya pandemi saat ini, sangat berdampak besar bagi perkembangan pariwisata di Indonesia. Salah satu peraturan baru yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat yakni jaga jarak, menjadi persoalan utama dari pariwisata sendiri. Karena peraturan tersebut seolah menjadi tembok penghalang bagi masyarakat untuk mengunjungi atau berlibur suatu tempat.

Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan tetap dirumah saja dan mengubah gaya liburan dengan sistem virtual. Sudah banyak pelaku usaha yang menerapkan sistem tersebut untuk dapat menarik banyak wisatawan, tanpa harus keluar rumah.

Dari ketiga sektor di atas yang telah disebutkan perkembangannya selama pandemi saat ini, sektor lain pun juga pastinya terkena dampak dari pandemi ini. Cukup menarik bukan pembahasan mengenai perkembangan beberapa sektor tersebut. Jika kamu termasuk pengamat perkembangan negara ini, manakah yang paling menarik untuk dibahas lebih dalam?