Fakta Menarik mengenai Hari Pangan Sedunia 2021

Ssiem2018 – Pada tanggal 16 Oktober akan diperingati World Food Day atau Hari Pangan Sedunia 2021. Adanya peringatan tentang Hari Pangan Sedunia ini tentunya bukan hal untuk merayakan berbagai jenis makanan yang bisa kita nikmati, namun lebih spesifik sebagai hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masih banyaknya orang yang belum bisa menikmati berbagai jenis makanan yang ada di dunia ini.

Kelaparan kini menjadi masalah besar di berbagai negara di dunia. Kita sebagai orang yang masih mampu harus bisa menumbuhkan kesadaran akan hal tersebut untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Kesenjangan sosial kini semakin terasa saat dimana mayoritas masyarakat bisa menikmati berbagai jenis makanan apapun sedangkan yang orang tidak mampu berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan makanan.

Hari pangan ini juga bisa menjadi sebagai pengingat bagi masyarakat akan pentingnya menjaga pola makan serta memilih jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Untuk itu Hari Pangan Sedunia 2021 kini juga menjadi hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan mengenai hal tersebut.

Tema Hari Pangan Sedunia 2021

“Masa depan makanan ada di tangan kita” kali ini menjadi tema di peringatan Hari Pangan Sedunia 2021 yang telah ditentukan oleh Food and Agriculture Organization (FAO). Tema yang mereka pilih kali ini menunjukan agar produksi, perbaikan nutrisi pangan, lingkungan dan kehidupan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat.

Sejarah awal mula diperingatinya World Food Day (Hari Pangan Sedunia)

Pada tahun 1945 bertepatan dengan terbentuknya Organisasi FAO (Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa), Hari Pangan Sedunia pertama kali diperingati. Meningkatkan ketahanan pangan di seluruh dunia menjadi prinsip dasar diperingatinya Hari Pangan Agen Slot Sedunia. Adanya perayaan atau peringatan tahunannya Hari Pangan Sedunia ini bertujuan untuk memberikan pengingat bahwa seberapa pentingnya kebijakan pemerintah untuk memastikan bahwa makanan yang tersedia untuk semua orang di dunia harus selalu tercukupi.

Beberapa fakta dibalik peringatan Hari Pangan Sedunia 2021

Peringatan mengenai Hari Pangan kali ini pada dasarnya tidak perbedaan yang jauh dari tahun kemarin, dimana hari pangan sedunia di saat wabah pandemi Covid-19 melanda.

  1. Dr. Pal Romany adalah seorang yang merupakan perwakilan atau delegasi asal negara Hongaria (Menteri Pertanian dan Pangan negara Hongaria), beliau adalah pencetus gagasan mengenai perlunya diadakan peringatan Hari Pangan Sedunia pada saat konferensi umum ke 20.
  2. Hari Pangan Sedunia dicetuskan oleh organisasi FAO (Food and Agriculture Organization) saat diadakannya konferensi umum ke 20 pada bulan November 1979.
  3. Diperingatinya Hari Pangan setiap tahun, “Ketahanan Pangan” merupakan tema yang paling sering digunakan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia.
  4. Adanya peringatan mengenai Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk selalu menumbuhkan sebuah kesadaran tentang pentingnya ketahanan pangan bagi seluruh masing-masing masyarakat yang ada di dunia.
  5. Adanya isu mengenai ketahanan pangan di dunia dibahas dalam konferensi pertemuan dunia yang kemudian diajukan kepada Jenderal Jacques Diouf selaku Direktur organisasi FAO (Food and Agriculture Organization).
  6. Meningkatkan kesadaran tentang kepedulian terhadap pangan, persoalan kelaparan dan kemiskinan di seluruh dunia menjadi salah satu tujuan diperingatinya Hari Pangan Sedunia di setiap tahun.

Itulah sedikit sejarah dan fakta menarik mengenai Hari Pangan Sedunia 2021. Semoga dengan adanya peringatan hari tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebutuhan pangan bagi masing-masing individu serta turut membantu mengurangi permasalahan kelaparan di berbagai negara.