MARAKNYA PINJAMAN ONLINE ILEGAL DI INDONESIA

Ssiem2018 – Kabar maraknya pinjol di Indonesia saat ini telah sampai ke telinga Presiden Joko Widodo. Pinjaman online ( pinjol ) telah merugikan banyak masyarakat dikarenakan bunga dalam pinjaman online sangat lah besar.

Banyak juga masyarakat Indonesia yang terjerat pinjol illegal. Saat mendengar kabar ini jokowi menghimabu kepada OJK agar membenahi peraturan yang ada. Maraknya pinjol di Indonesia saat ini karena banyak masyarakat yang tidak paham tentang edukasi financial.

Disampaikan juga agar otoritas jasa keuangan melakukan pemblokiran kepada pinjaman online yang tidak resmi atau illegal. Jokowi juga menyampaikan agar jasa keuangan digital dapat berkembang dengan tepat dan sehat.

Fakta Maraknya Pinjol Di Indonesia

Banyak sekali daftar pinjol resmi dan tidak resmi yang beredar di Indonesia saat ini. Terlebih sejak pandemic banyak masyarakat yang menggunakan jasa keuangan digital ini. Berikut ini fakta tentang maraknya pinjol di Indonesia yang berhasil kami rangkum :

1. Ada Yang Bunuh Diri Karena Terjerat Hutang 23 Pinjol Ilegal

Berita tentang seorang ibu rumah tangga yang bunuh diri akibat pinjol ini terjadi di daerah Wonogiri, Jawa Tengah. IRT yang ditemukan bunuh diri ini meninggalkan sebuah surat wasiat yang berisi daftar hutang – hutang di pinjaman online.

Sebanyak 27 pinjaman online yang telah ia pinjami dan empat diantaranya telah ia lunasi. Jumlah pijmanan rata – rata sebesar satu juta sampai tiga juta rupiah dan jumlah keseluruhan mencapai 60 jutaan.

2. Ketua OJK Menyampaikan Rasa Prihatin

Ungkapan rasa prihatin di sampaikan Ketua Satgas Waspada Investasi  ( SWI ) Tongan L. Tobing. Ia sangat berharap masyarakat agar tidak mengulangi Agen Slot kejadian ini dan menghimbau agar masyarakat menggunakan aplikasi keuangan digital ini dengan benar jika membutuhkan.

Tongan juga menyampikan pada masyarakat jangan sampai meminjam di pinjol illegal, karena pinjol illegal adalah sebuah kejahatan.

3. Masyarakat Harus Ikut Berperan

Saat ini peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberantas maraknya pinjol di Indonesia apalagi pinjol illegal ‘’ungkap Tongan. Masyarakat dihimbau untuk membatasi ruang gerak pinjol illegal ini dan melaporkannya kepada polisi bila menemukan adanya pinjol illegal ini.

Ia juga mengajarkan masyarakat agar mau melapor bila menerima tawaran pinjol illegal ini. Tongan juga menyampaikan agar masyarakat yang merasa di intimidasi oleh pinjol illegal ini mau melaporkanya ke pihak yang berwajib.

4. Kabar Ini Telah Sampai Ke Presiden Jokowi

Kabar tentang fenomena ini memnag telah sampai ke telinga Presiden Jokowi. Ia mengetahui adanya masyarakat yang di intimdasi agar mengembalikan uang pinjaman dengan jumlah bunga yang besar.

Dalam acara OJK Virtual Innovation Day di Istana Negara Jokowi menyampaikan kasus maraknya pinjol di Indonesia ini harus dikawal dan dibenahi agar tumbuh sehat untuk perekonomian Indonesia. Saat itu Jokowi juga menyampaikan ada banyak tindak pidana dan penipuan keuangan yang terjadi akhir – akhir ini.

5. Fenomena Sharing Economy Yang Harus Perhatikan

Jokowi mengatakan kita harus mengawasi bank digital, jasa ansuransi, e – payment di Indonesia agar didukung dan terus diawasi ‘’ ujarnya. Fenomena sharing economi yang sekarang marak di kalangan msyarakat harus di perhatikan dengan benar.

Jokowi mengaku kalau perkembangan keuangan digital di Indonesia saat ini tumbuh dengan cepat. Ia juga mengatakan semua ini harus di imbangi dengan sikap cepat, sehat dan tepat.

Demikaian yang bisa kami sampaikan tentang maraknya pinjol di Indonesia. Saat ini jasa keaungan akan terus dikawal agar menjadi raksasa digital setelah china dan India. Jokowi juga berharap tahun 2030 Indonesia bisa menjadi raksasa digital ke tujuh di dunia.