5 Sektor Bisnis Paling Terdampak Pandemi Covid-19

Ssiem2018 – Sudah lebih dari satu tahun pandemi virus covid-19 melanda dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk memerangi pandemi virus Covid-19, pemerintah mengambil langkah tegas berupa memberlakukan lockdown di sejumlah daerah. Alhasil, perekonomian Indonesia menjadi terpukul karena banyak sektor bisnis terdampak pandemi Covid-19.

Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa keputusan lockdown di Indonesia memang berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat. Banyak sekali sektor bisnis yang mangkrak dan sulit berkembang di tengah pandemi virus corona seperti ini. Lalu, sektor bisnis apa saja yang paling terpuruk akibat pandemi virus Covid-19? Berikut informasinya untuk Anda!

Inilah, 5 Sektor Bisnis Terdampak Pandemi Covid-19

1. Penerbangan

Keputusan diberlakukannya pembatasan wilayah dan lockdown di Indonesia maupun di beberapa negara lainnya tentunya membuat industri penerbangan sangat terpukul. Bagaimana tidak? Sejak pandemi virus corona, banyak sekali penerbangan dalam negeri maupun luar negeri yang dibatalkan. Bukan hanya pembatalan, pihak maskapai juga harus melakukan refund kepada konsumennya.

Dengan sedikitnya jadwal penerbangan yang diizinkan untuk beroperasi, maka sudah pasti pendapatan industri penerbangan menurun sangat drastis. Akibatnya, industri penerbangan banyak yang mengalami krisis sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

2. Hotel dan Pariwisata

Sektor bisnis selanjutnya yang sangat merasakan Judi Online dampak dari pandemi virus Covid-19 adalah hotel dan pariwisata. Pasalnya, pemerintah menetapkan aturan untuk menutup seluruh akses pariwisata sebagai upaya untuk menurunkan laju penyebaran virus corona.

Karena tidak diizinkan untuk beroperasi di masa pandemi seperti ini, maka sudah tentu bisnis hotel dan pariwisata tidak mendapatkan penghasilan atau pemasukan sebagaimana mestinya. Bahkan, banyak yang akhirnya berhenti beroperasi karena tidak memiliki biaya operasional yang cukup.

3. Bar dan Resto

Sebagai upaya untuk memerangi penyebaran virus Covid-19, maka pemerintah menetapkan aturan terhadap operasional bar dan restoran. Selain menetapkan durasi waktu operasional yang tidak boleh lebih dari jam 8 malam, pemerintah juga memberlakukan larangan makan di tempat.

Akibatnya, minat masyarakat untuk membeli atau menikmati makanan di luar pun semakin menurun. Hal ini menyebabkan banyak bisnis bar dan resto yang sepi oleh pembeli. Hal ini pula yang kemudian menyebabkan banyak bisnis bar dan resto yang mengalami keterpurukkan sejak pandemi Covid-19.

4. Bioskop dan Karoke

Bioskop dan karoke merupakan beberapa hiburan yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Sayangnya, kedua bisnis ini terpaksa ditutup dan dilarang beroperasi sejak pandemi virus corona melanda Indonesia.

Tentu saja, alasannya adalah untuk mencegah penularan virus corona di tempat hiburan tersebut. Akibatnya, bisnis bioskop dan karoke harus tutup dan menyebabkan tidak adanya pemasukan atau penghasilan. Hal ini kemudian membuat banyak pelaku bisnis karoke maupun bioskop yang bangkrut.

5. Transportasi

Selain penerbangan, bisnis transportasi di darat juga mengalami keterpurukan. Bagaimana tidak? Sejak pandemi, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah saja. Hal ini menyebabkan berkurangnya pengguna transportasi umum sehari-hari. Banyak sekali kendaraan umum yang sepi oleh penumpang sejak pandemi virus corona melanda.

Nah, itu dia sejumlah sektor bisnis terdampak pandemi Covid-19. Bukan hanya 5 sektor bisnis itu saja, hampir semua bisnis pun mengalami hal yang sama. Adanya bencana pandemi virus Covid-19 ini memang bisa dibilang menjadi momentum yang mematikan bagi bisnis dan industri. Meski begitu, namun kini berbagai bisnis mulai perlahan bangkit dan kembali beroperasi.