DPR Minta Perketat Seluruh Pintu Masuk Indonesia

DPR Minta Perketat Seluruh Pintu Masuk Indonesia

Ssiem2018 – Setelah varian Delta, kini ditemukan kembali virus covid-19 varian baru yakni Omicron. Sehubung dengan persiapan menyambut liburan Nataru (Natal dan tahun Baru). Rahmad Handoyo selaku Anggota Komisi IX DPR RI meminta agar memperketat seluruh pintu Agen Slot masuk ke Indonesia untuk mencegah masuknya virus Covid-19 varian baru tersebut.

Menurutnya, semua pintu masuk, baik itu dari perbatasan darat, pelabuhan laut maupun bandara harus diperketat. Kemudian kewajiban karantina bagi warga yang baru datang dari perjalanan luar negeri juga harus diperketat. Demi menghindari ancaman mutasi virus baru dari luar.

“Proses karantina juga harus diperkuat dan semua petugas jaga harus tetap sesuai protokol kesehatan. Baik warga negara indonesia yang baru kembali dari negara lain maupun warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” terang Rahmad (28/11/2021).

Meskipun kehadiran virus corona varian baru ini harus menjadi perhatian, namun diharapkan masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang dalam menghadapinya.

“Hal yang paling utama dalam menyikapi munculnya varian virus baru yang tentunya menimbulkan kekhawatiran seluruh masyarakat adalah yang paling penting tidak boleh panik dan khawatir,” lanjut Rahmad.

Di juga meminta agar pemerintah terus mengikuti saran dari WHO serta para ahli. Indonesia juga harus selalu melakukan koordinasi dan juga bersinergi bersama masyarakat internasional terkait pemahaman serta cara antisipasi dan pengendalian varian virus baru tersebut.

“Semua rekomendasi dan juga kebijakan-kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh WHO terkait dengan munculnya variasi virus Covid-19 yang baru tentu harus menjadi perhatian. Lalu  ditambah dengan kebijakan yang dikeluarkan sendiri, baik itu sifatnya menambah atau menyesuaikan,” terang Rahmd.

Menurutnya, berdasarkan rekomendasi varian virus baru ini perlu dihadapi dengan cara ilmiah serta berbasis risiko. Sehingga baik dari mulai tracing, testing dan treatmentnya harus lebih diperkuat.

“Dan untuk yang berbasis risiko, nantinya akan tetap diupayakan dengan selalu membiasakan perilaku dan memasifkan 3M. Dan juga mengurangi aktivitas di luar ruangan, mobilitas dan menghindari keramaian atau kerumunan,” katanya lagi.

Virus Omicron Sudah Menyebar di Benua Afrika

Sebelumnya, Endang Tirtana seorang peneliti dari Maarif Institute telah mendesak pemerintah terkait dengan munculnya virus corona varian baru ini. Ia mengatakan agar pemerintah memperketat kembali jalur masuk terutama bagi wisatawan asing demi mencegah penularan virus varian baru Omicron.

“Pemerintah harus menjaga dengan ketat seluruh pintu masuk Indonesia untuk mencegah masuknya varian Omicron. Jangan sampai nantinya Indonesia harus mengalami gelombang ketiga kasus terkena Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya dilansir dari Antara, saat ini varan Omicron telah terdeteksi di beberapa negara benua Afrika. Seperti Zimbabwe, Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Namibia, Eswatini dan Mozambique.

Berkaca dari varian Delta, Indonesia sebelumnya terlambat melakukan antisipasi dan pencegahan sehingga lonjakan kasus positif tidak bisa dikendalikan.

Endang mengharapkan agar kejadian tersebut tidak akan terulang kembali. Sehingga pemerintah harus mengambil langkah yang cepat dan tegas untuk mengantisipasi masuknya varian Covid-19 Omicron. Sejumlah negara tetangga di Asia Tenggara pun juga telah melakukan Mpo88 pengawasan yang ketat terkait dengan penerbangan rute dari luar negeri. Seperti Singapura dan negeri jiran atau malaysia.

“Sehingga jangan sampai nantinya kita kembali lagi menghadapi serangan virus Covid-19 gelombang ketiga setelah libur Natal dan Tahun Baru. Dan pemerintah harus tegas dan serius menangani masalah ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.