HUT Partai Ke-49, PDIP Gelar Festival Kuliner

Ssiem2018 – Jelang perayaan hari ulang tahun PDIP ke-49 Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPP PDIP. Menggelar acara Festival Kuliner pendamping beras yang diadakan di Gedung Sekolah Partai, Lentera Agung, Jakarta. Acara tersebut Agen Slot menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) partai yang akan puncaknya dilaksanakan pada 10 Januari 2022 mendatang.

Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris PDIP juga menyempatkan diri untuk meninjau serta mencicipi berbagai masakan yang ada di festival tersebut bersama dengan Ketua DPP PDIP Wiryanti Sukamdani serta Sri Rahayu. Hasto mengatakan jika festival ini disesuaikan dengan tema HUT partai yakni ‘Bangunlah Jiwa dan badannya Untuk Indonesia Raya.’

untuk membangun badan kan diperlukan asupan makanan yang bergizi baik titik oleh karena “Membangun badan yang sehat kan tentu membutuhkan asupan makanan yang mengandung gizi. Oleh karena itu, terdapat 10 makanan pendamping beras yang pada hari ini di lombakan. Dengan mengundang para  juri yang berasal dari chef profesional diharapkan nantinya bisa menggerakkan semangat Indonesia Raya untuk bisa berdiri diatas kaki sendiri terutama di bidang pangan,” ungkap Hasto saat menghadiri festival kuliner di Gedung Sekolah Partai Jumat (7/11/2022).

Menurutnya dalam ajang festival kali ini hal utama yang didorong adalah semangat untuk berdiri diatas kaki sendiri terutama di bidang pangan.

“Agar kita lebih percaya nantinya kepada sumber pangan yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar kita dibandingkan dengan panganan impor,” ungkapnya.

PDIP juga telah mendorong jika 10 bahan makanan pendamping beras memiliki nilai keekonomian yang cukup tinggi. Dengan begitu masyarakat bisa memanfaatkannya untuk dikomersilkan. Terlebih lagi di tengah pandemi seperti saat ini hal tersebut tentu menjadi potensi yang cukup menguntungkan bagi masyarakat terutama dari sisi nilai ekonomi.

“Kembali lagi kepada makanan yang ramah lingkungan yakni yang bisa diproduksi secara mandiri dan di dalam makanan tersebut mengandung visi, science dan seni. Terutama bagi kita untuk mencicipi serta berkreasi atas makanan nusantara yang begitu luar biasa. Agar nantinya juga kita tidak sedikit-sedikit melakukan impor beras dari luar negeri,” lanjut Hasto lagi.

“Dengan makanan pendamping beras tersebut kita juga punya banyak alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Seperti talas, umbi-umbian, porang, pisang, jagung dan masih banyak lagi. Makanan pendamping beras tersebut dan tentunya semuanya itu bisa ditanam di dalam negeri,” tuturnya.

Festival kuliner diikuti oleh peserta dari 34 provinsi

Sementara Wiryanti Sukamdani selaku ketua DPD PDIP mengatakan jika Festival Kuliner ini setidaknya diikuti oleh 305 orang peserta. Dan hari ini akan dipilih serta diumumkan siapa pemenangnya. Sedangkan besok akan diadakan pameran kuliner dari seluruh Indonesia yang terbuat dari bahan 10 pendamping beras Acara tersebut juga diikuti peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kita juga menuliskan buku khusus terkait berbagai macam kuliner non beras atau makanan pendamping beras. Dan jumlahnya sekitar 550 lebih menu dan itu tidak hanya enak untuk dimakan, namun tentunya juga bergizi dan murah. Kita juga sudah mengukur gizinya. Buku tersebut Mpo88 juga meneruskan karya-karya dari Bung Karno yang judulnya Mustika Rasa, serta buku kali ini juga khusus pendamping beras. Itu semua kita lakukan demi menyambut dan memperingati HUT  partai yang ke-49,” terang Wiryanti.