Banjir Di Beberapa Kawasan Karena Meluapnya Air Sungai

Banjir Di Beberapa Kawasan Karena Meluapnya Air Sungai

Ssiem2018 – Banjir merupakan salah satu bencana yang paling sering melanda berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya di Jawa, Banjir juga kerap Agen Slot melanda daerah Sumatera, terlebih lagi Sumatera Barat. Darah yang lumayan sering terlanda banjir adalah kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Pada tanggal 10 Januari 2022 kemarin, banjir kembali melanda daerah Limapuluh Kota. Banjir ini melanda dua dusun di Nagari Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Diduga banjir ini diakibatkan oleh hujan deras yang melanda sejak pagi.

Dilansir oleh Liputan 6, Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan banjir disebabkan oleh meluapnya Sungai Batang Kampar setelah hujan deras melanda. Banjir mengakibatkan terendamnya belasan rumah, dua bangunan masjid, serta satu puskesmas. Ketinggian air mencapai 30 hingga 70 sentimeter.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau merilis potensi hujan masih terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian besar wilayah Sumbar. Sejumlah daerah tersebut di antaranya, Kabupaten Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Limapuluh Kota, Kota Solok, Pariaman.

Sebelum terendam kembali, banjir juga telah datang ke kabupaten tersebut pada 1 Januari 2022 dengan air mencapai dua meter dan akses jalan putus total.

Kenapa Air Sungai Meluap?

Tidak sekali dua kali saja, luapan air sungai menjadikan daerah di sekitarnya terendam banjir yang cukup parah. Meluapnya air sungai juga disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah beberapa alasan meluapnya air sungai.

  1. Tidak ada cukup pohon untuk resapan alami

Adanya penebangan pohon secara liar ataupun legal, sangatlah berpengaruh pada daya serap tanah. Penebangan ini menyebabkan hutan gundul. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk nemerapkan beberapa system yang berkaitan dengan penebangan pohon seperti tebang pilih (menebang pohon yang sudah cukup tua dan tidak menebang pohon yang belum siap tebang) dan melakukan reboisasi (penghijauan tanah agar regenerasi pohon dan tumbuhan tidak berhenti).

  • Durasi hujan yang lama

Ada beberapa jenis hujan yang melanda suatu Kawasan. Ada hujan yang tidak begitu deras namun berdurasi lama. Ada pula hujan yang deras tapi hanya dalam waktu singkat. Ada pula saat dimana kedua jenis hujan itu berkombinasi. Di kondisi terakhir ini, hujan dapat menyebabkan banjir yang lumayan parah karena intensitas yang tinggi dan waktu yang lama. Hujan jenis ini mampu membuat debit air menjadi semakin deras dan dapat menyebabkan banjir.

  • Penumpukan sampah

Membuang sampah juga dapat menyebabkan banjir. Sampah yang tidak dipilah dan dibuang sembarangan dapat menimbulkan masalah baru. Apalagi yang dibuang di sungai. Sampah sapat menumpuk di beberapa bagian tempat dan dapat menyebabkan tersumbatnya aliran sungai yang dapat mengakibatkan banjir.

  • Bangunan di pinggiran kali

Karena harga yang terlalu mahal, banyak masyarakat yang nekat untuk membuat bangunan di pinggir sungai. Hal ini juga dikarenakan, kebanyakan daerah pinggir sungai adalah daerah yang jarang ditempati dan cenderung murah. Padahal, hal ini dapat membuat masalah baru seperti makin sempitnya lebar sungai. Sempitnya sungai juga berakibat pada menurunnya kemampuan Mpo88 sungai untuk mengantarkan air. Hal ini dapat menyebabkan banjir ataupun kerusakan bangunan saat terjadi hujan besar.

  • Sistem drainase yang buruk

System saluran air atau drainase yang buruk seperti saluran yang terlalu kecil, tidak tertata dengan baik, dan tidak terurus dapat juga menyebabkan meluapnya air di drainase yang menyebabkan adanya banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.