5 Rider Asal Negara Portugal Yang Mengikuti MotoGP

5 Rider Asal Negara Portugal Yang Mengikuti MotoGP

Ssiem2018 – Agustus 2020 jadi bulan monumental untuk dunia balap Portugal. Masalahnya negeri yang berada di Semenanjung Iberia itu pada Agen Slot akhirnya punyai rider yang dapat meraih kemenangan di kelas MotoGP.

5 tahun awalnya, rider ini juga yang cetak riwayat sebagai pembalap Portugal pertama kali yang meraih kemenangan di gelaran grand prix. Waktu itu, pada 2015, dia menang balap saat bertanding di kelas Moto3. Siapa nama rider itu? Ya, Miguel Oliveira.

Portugal memang tidak punyai banyak rider di MotoGP. Bila tidak ada Oliveira, Portugal kemungkinan tidak akan masuk perincian negara yang pembalapnya pernah mengalahkan balapan grand prix. Tetapi, tidak berarti tidak ada rider asal Portugal lain yang sempat turun balap di gelaran motor paling berprestise ini.

Dikutip beragam sumber, berikut deretan rider asal Portugal yang bernah mengaspal di kejuaraan dunia grand prix. Ada yang menjadi rider reguler, banyak pula yang cuma jadi rider wildcard. Siapa mereka?

  1. Rider Miguel Oliveira mengaspal di MotoGP
    Miguel Oliveira adalah rider berprestasi di MotoGP. Rider team Red Bull KTM Faktory Racing ini telah semenjak 2019 turun balap di kelas premier dan telah kumpulkan 6 tribune, di mana 4 salah satunya sebagai kemenangan.

Oliveira jadi rider Portugal pertama kali yang menang balapan di gelaran grand prix, sekalian pembalap Portugal pertama yang sempat ambil pole position. Bila dijumlahkan sejak dari dia bertanding di kelas Moto3, keseluruhan Oliveira telah kumpulkan 16 kemenangan.

  1. Rider Felisberto Teixeira turun balapan dari kelas 500cc
    Felisberto Teixeira ialah rider atau pembalap Portugal pertama kali yang berperan serta di kelas premier. Pada GP Spanyol 1998, dia cetak riwayat dengan turun balap di kelas 500cc sebagai wildcard di Circuit Jerez walau tidak merampas point karena finish di status ke-22.

Teixeira bernaung di bawah team Honda Shell Australia. Waktu itu, dia memakai Honda NSR 500 dan membalap dengan keadaan tulang ekor yang cidera karena jatuh saat sesion free practice.

  1. Rider Joao Fernandes jadi wildcard di kelas 250cc
    Joao Fernandes sebagai rider asal Portugal kelahiran Lisbon, Portugal, 7 Maret 1977. Dia pernah turun balap di kelas 250cc pada musim 2006 di GP Portugal.

Mengawali balapan dari posisi ke-27, Fernandes finish di status ke-24. Dia membalap untuk team China, Zongshen Tim, memakai motor Aprilia.

  1. Rider Miguel Praia wildcard untuk kelas 250cc
    Selanjut Miguel Praia pernah turun balapan pada kelas 250cc di 2003 di GP di Portugal. Sebagai rider wildcard, Praia finish di posisi ke-22.

Miguel Praia lalu meniti karier di World Superbike dan World Supersport. Sepanjang 2 tahun dia mengaspal di Superbike bersama Ducati dan Yamaha (2004 dan 2005), dan 6 tahun di Supersport bersama Honda (2006—2011).

  1. Beberapa rider asal Portugal pernah wildcard di kelas 125cc
    Selainnya di kelas 250cc atau 500cc, beberapa rider asal Portugal banyak juga turun di kelas 125cc. Umumnya mereka turun balap pada GP Portugal di Circuit Estoril.

Beberapa pembalap pernah membalap di kelas 125cc di tahun 2000-an. Mereka ialah Joao Pinto, Filipe Costa, Pedro Monteiro, dan Ivo Relvas.

Portugal memang tidak punyai riwayat panjang di gelaran MotoGP. Umumnya pembalapnya cuma dengan status sebagai rider wildcard. Walau demikian, kedatangan Miguel Oliveira dapat membuat lagu berkebangsaan Portugal berkemandang Mpo88 seringkali di tribune. Pada ajang MotoGP Portugal di Circuit Algarve, Minggu (24/4/2022) kelak, dapatkah Miguel Oliveira kembali merampas kemenangan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.